Tingkatkan Penyelamatan Cepat, Basarnas Beroperasi di Muna

0
199

Abdul Malik Ditu bersama Ketua Basarnas Sultra, Aris Sofingi

Raha, Munanews.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari, kini mulai beroperasi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini dilakukan sebagai upaya respon cepat terhadap angka kecelakaan laut yang beberapa tahun terakhir sering terjadi.

Ketua Basarnas Sultra, Aris Sofingi menuturkan pihaknya siap menempatkan unit siaga pencarian dan penyelamatan di Kabupaten Muna.

“Ini sebagai upaya respon cepat terhadap kasus kecelakaan laut, Basarnas bakal menempatkan lima porsenil,” terang Aris Sofingi, Rabu (11/11/2020).

Kata Aris Sofingi, untuk rencana pembangunan kantor Basarnas Muna, anggarannya saat ini sudah diusulkan dipusat. “Kerjasama dengan anggota DPR RI komisi V Ridwan Bae,” ujarnya.

Plt Bupati Muna, Malik Ditu mengatakan Pemerintah Daerah saat ini telah menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk pembangunan kantor Basarnas.

“Sementara waktu Basarnas akan mengunakan ruangan kantor Dinas Perikanan Muna yang dilengkapi fasilitas penyelamatan,” jelasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokoler Setda Muna, Ali Sadikin menuturkan beroperasinya Basarnas Muna, tak lepas dari upaya Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Hal itu sesuai surat Bupati Muna nomor : 300/1477/VII/ 2019 tanggal 26 Juli, perihal permohonan pendirian Basarnas Kabupaten Muna.

Sehubungan hal tersebut Badan nasional pencarian dan pertolongan telah menerbitkan keputusan nomor: SK.KBSN-91/O1.05/11/BSN-2020 tentang unit siaga pencarian dan pertolongan sebagai salah satu garda terdepan dalam percepatan response time dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.(LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here