Satlantas Polres Muna Gelar Operasi Keselamatan

0
221

AKP. Asnawi Kasat Lantas Polres Muna

Raha, Munanews.com – Satuan Lalulintas Polres Muna menggelar operasi keselamatan, guna mengurangi angka kecelakaan yang terjadi selama bulan suci ramadhan. Operasi ini digelar sejak awal Ramadhan 1442 H sampai dengan tanggal 25 April 2021.

Kapolres Muna melalui Kasat Lantas AKP. Asnawi saat ditemui diruang kerjanya menyampaikan, operasi keselamatan dilakukan guna menekan angka kecelakaan selama bulan suci Ramadhan, dan selain itu juga melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19.

“Operasi keselamatan digelar sejak awal bulan ramadhan hingga tanggal 25 April 2021, dengan tujuan untuk menekan terjadinya kecelakaan,” ujar.

Dihimbau seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan, gunakan masker jika membawa kendaraan.

Operasi keselamatan tidak dilakukan tindakan penegakan hukum terhadap para pelanggar keselamatan berlalulintas, namun hanya berupa teguran dengan memberi tilang teguran kepada pengendara sebagai arsip bahwa pengendara tersebut pernah diberikan teguran oleh petugas lantas.

Asnawi, menegaskan menjalankan tugas operasi selalu berpedoman kepada peraturan yang berlaku. sesuai dengan PP Nomor 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

“Kalau ada operasi yang dilakukan saat pagi hari setelah sholat subuh itu namanya Patroli pencegahan terjadinya kecelakaan yang dilakukan oleh kepolisian yang melibatkan tidak hanya lalulintas tapi ada satuan lain dibawah koordinator kasat Sabara,” beber.

Terus, patroli tidak perlu menggunakan papan informasi karena hanya pelanggaran kasat mata yang ditindak bukan memberhentikan kendaraan dan memeriksa surat-surat.

“Target utamanya dalam patroli itu yakni knalpot bogar dan suka angkat ban karena ini sangat meresahkan masyarakat saat ini,” tutup mantan penyidik lakalantas Polda Sultra. (LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here