PPK Tuntas, KPU Muna: Jumalah Pendaftar PPS Capai 1313

0
470

Nggasri Faeda, Divisi SDM, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, KPUD Muna

Raha, Munanews.com–¬†Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, (Sultra) baru saja mengukuhkan 110 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 22 kecamatan.

Kini, KPU kembali merekrut Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sempat diperpanjang telah karena sebelumnya tercatat ada sembilan Desa yang belum memenuhi kuota yang telah ditetapkan.

Berdasarkan, keputusan KPU nomor 66/PP.06.4–kpt/03/KPU/II/2020 tentang pedoman teknis pembentukan PPK, PPS, PPDP dan KPPS dalam pemilihan Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota.

Nggasri Faeda Komisioner KPUD Muna mengatakan perpanjangan pendaftaran PPS sudah dututup sejak 27 Februari 2020 lalu, setelah kuota dari 9 Desa yang tersebar di lima kecamatan akhirnya terpenuhi.

“Perpanjangan pendaftaran karena ada desa yang belum cukup pendaftar sesuai dengan Keputusan KPU nomor 66, apabila sampai dengan masa pendaftaran berakhir tidak ada peserta atau kurang dari kali jumlah PPS yang di butuhkan KPU membuka perpanjangan waktu pendaftaran selama 3 hari,” ujar Nggasri, Minggu (01/03/2020).

Menjelaskan, jadi pada saat penutupan pendaftaran terdapat 9 desa dari 5 kecamatan belum mencukupi 2 kali jumlah PPS yang dibutuhkan, yakni Kecamatan di maksud, Wakorsel Desa Wakorumba dan Bakealu,  Kabawo, Desa Kawite-Wite, Parigi, Desa Labulu-Bulu dan Latampu, Tongkuno, Desa Lapadindi, Danagoa dan Fongkaniwa serta Kecamatan Lasalepa, Desa Bonea.

“Pada saat penutupan perpanjangan kuaota dua kali kebutuhan pendaftar PPS memenuhi syarat calon pendaftar sebanyak 1313 PPS dengan jumlah desa dan kelurahan 150 di Muna,” beber Dosen UHO ini.

Kata Nggasri, hingga kini jumlah peminat, yang bakal mengisi kuota sebanyak 450 orang. Untuk jadwal tes PPS pada Rabu (04/03/2020). Lokasinya di SOR Laode Pandu.

Sementara itu, rencananya pengumuman hasil wawancara PPS di jadwalkan pada 15-17 Maret 2020. “Jadwal pelantikan PPS diagendakan pada 22 Maret 2020 mendatang,” jelasnya.(Yuli/ Fatih).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here