Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Kogholifano Muna

0
874

Bupati Muna Serahkan Bendera merah putih kepada penyelam

Raha, Munanews.com – Hampir semua wilayah di Indinesia merayakan momentum hari bersejarah bangsa yang ke-75 tahun ini, dilewati dengan penuh ujian. Pandemi wabah Covid-19 tengah merongrong tanah air.

Hampir semua aktivitas dibatasi. Mulai dari perayaan berbagai lomba dan gerak jalan ditiadakan. Wabah ini, memang tak memberi ruang bagi warga seantero tanah air untuk berpesta seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun berbeda dengan masyarakat Desa Kogholifano Kecamatan Pasirputih Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masih tetap antusias peringati hari proklamasi kemerdekaan RI.

Mereka mengibarkan sang saka merah putih di bawah laut dengan lebar delapan meter dikedalaman 17 meter.

Nampaknya kecintaan terhadap tanah air ini dimata pemuda Desa Kogholifano patut diacungi jempol karena momen langkah ini sudah kedua kalinya digelar.

Para penyelam bersiap-siap turun dibawah laut untuk pengibaran bendera merah putih

Ketua panitia Ali mengatakan pelaksanaan pengibaran bendera di bawah laut merupakan kali kedua yang dimana sebelumnya digelar tahun lalu. “Tahun kita laksanakan juga meski dengan kondisi angin kencang,” terang Ali, Sabtu (15/8/2020).

Kali ini kata Ali, pelaksanaan upacara dibawah laut di lakukan olehdelapan orang penyelam profesional. “Pengibaran bendera dibawa laut spirit bagi generasi muda dalam memperingati hari proklamasi kemerdekaan,” jelasnya.

Selain itu, pengibaran merah putih di bawah laut Kogholifano juga mengenalkan potensi bawah laut dan terumbu karang di pulau Muna cukup indah.

“Ini juga bentuk promosi wisata bawah laut di Muna bagian timur ini. Kami berharap selanjutnya, kegiatan ini dihelat meriah,” harap Ali.

Muna tak hanya indah dengan deretan pulau-pulau nan cantik. Wilayah dengan julukan Bumi Sowite ini juga menyimpan surga bawah laut yang menawarkan ribuan ikan-ikan cantik berbagai jenis dan spesies hewan yang tergolong hampir punah keberadaannya.

Bahkan biota lautnya bakal mampu menghipnotis para wisatawan yang gemar diving.

Terang saja, sederet destinasi dengan kualitas keindahan nan eksotis ini akan banyak kita jumpai di pulau Muna, salah satu wilayah yang menyimpan segudang obyek wisata Bahari yang komplit.

Momen bersejarah itu pun tak dilewatkan oleh bupati Muna LM Rusman Emba dan sejumlah kepala OPD, camat Pasirputih serta masyarakat desa Kogholifano.

Ia pun mengapreseasi kepedulian generasi muda yang telah menggagas kegiatan tersebut. Meski ditengah pandemi kecintaan dan kepedulian terhadap tanah air pantang surut.

“Terima kasih kepada generasi muda yang telah menyelenggarakan kegiatan pengibaran bendera dibawah laut. Ini sangat menggugah kecintaan kita terhadap tanah air,” tutur bupati Muna.

Kata Rusman, potensi wisata bawah laut di Muna cukup menjanjikan. Selain di Kogholifano potensi lain juga berada disekitar pulau Bakealu yang menyimpan keindahan terumbu karang eksotis.

“Potensi ini, kita akan promosikan hingga ketingkat nasional. Insha Allah tahun depan kita akan gelar kegiatan berskala besar,” cetus mantan senator DPD RI tersebut. (LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here