Mendagri Apresiasi Inovasi Pemda Muna Dalam Penanganan Covid-19

0
1278

video konfrece Rakor terkait implementsi pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) didaerah dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan covid-19, Menteri Sosial, Mendagri, Menteri Keuangan, Menkopolhukam, Menko PMK, Kapolri, Menaker, Mentri Desa dan PDTT, serta Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia.

 

Raha, Munanews.comPemerintah pusat melalui Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberikan apresiasi beberapa daerah telah melakukan inovasi pembuatan cairan disinfektan dan hand sanitizer, dalam pencegahan wabah Corona Virus (COVID-19).

Tito Karnavian, diakhir acara video confreance menyampaikan ucapan apresiasi terhadap pemerintah daerah atas inovasi dalam penanganan covid-19.

Pembuatan cairan disinfektan dan hand sanitizer yang menggunakan berbahan dasar lokal dibeberapa daerah yakni Boyolali, Gorontalo dan Kabupaten Muna.

“Kami sangat memberikan apresiasi terhadap beberapa kepala daerah yang telah melakukan inovasi dalam pencegahan penyebaran virus corona,”ujar. Rakor terkait implementsi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Kamis, 09 April 2020.

Bupati Muna LM Rusman Emba, mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari pemerintah pusat terkait inovasi yang telah dilakukan dalam penanganan covid-19.

“kami ucapkan terima kasih pada Mendagri atas apresiasinya,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna,  memproduksi diantaranya hand sanitizer bahan baku dari air Aren (Kameko) ampuh membersihkan kuman, dimana kandungan alkohol pada arak mencapai 70 hingga 75 persen sesuai dengan standar yang di tetapkan WHO.

“Untuk cairan Hand sanitizer sebenarnya diproduksi sudah lama hanya saja dalam skala kecil dan saat ini dengan adanya wabah virus corona kita tingkatkan produksinya dalam skala besar namun prioritas untuk kebutuhan dalam daerah,” akuhnya.

Pihaknya, dalam penanganan Covid-19, Pemda Muna fokus mempersiapkan ketersediaan pangan hingga beberapa bulan kedepan.

“Kita juga fokus mengawasi ketersediaan pangan dan alhamdulillah untuk stok sembako masih aman hingga idul Fitri mendatang,” ujar orang nomor satu dibumi sowite.(***).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here