Lapak Kuliner “Kaghimpi” Desa Banggai Resmi Di Buka.

0
1952

Raha-munanews.com. Untuk meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat desa Banggai, pemerintah desa Banggai melakukan inovasi dengan membangun wisata kuliner.

Tempat yang dulunya anker dan kumuh di sulap seketika oleh pemerintah desa Banggai sebagai tempat wisata kuliner.

Pembukaan tempat wisata kuliner Kaghimpi resmi dibuka pada Minggu malam sekitar pukul 20.00 WITA, 28 Mei 2023, yang dihadir langsung oleh Sekda Muna Edy Uga, dan yang ikut hadir yakni Kadis PMD, Kadis Perindag, Kadis Koperasi Dan UMKM, Kapolsek Katobu, Camat Duruka, Para Kepala Desa dan Lurah Se kecamatan Duruka serta tamu undangan.

Sekda Muna Edy Uga dalam sambutanya memberikan apresiasi terhadap pemerintah Desa Banggai yang telah menggagas pembangunan lapak kuliner yang tentunya ke depan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Atas nama pemerintah daerah kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa Banggai yang telah menggagas dan melahirkan inovasi dengan membangun tempat wisata kuliner Kaghimpi yang tentu akan berdampak kepada peningkatan perekonomian sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Sementara Kepala Desa Banggai La Ode Upa saat ditemui usai pembukaan menyampaikan bahwa ide pembangunan wisata kuliner Kaghimpi berawal dari keinginannya menyambung dan menyatukan wilayah desa Banggai dimana terbagi dua karena adanya kaghimpi yang tidak ditempat masyarakat karena lokasinya di kaki gunung dan sejak dahulu kala terkenal angker.

“Pembangunan wisata kuliner Kaghimpi untuk meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat sehingga berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan adapun pembangunan lapak dari Dana ketahanan pangan bersumber dari dana desa tahun 2023”.

Selain itu La Ode Upa menambahkan bahwa wisata kuliner Kaghimpi akan dibuka tiap hari mulai pagi sampai malam dengan menghadirkan masakan-masakan tradisional.

“Kita siapkan semua bahanya dan disimpan di lapak lumbung pangan, jadi pedagang tinggal mengambil bahan jualan yang dibutuhkan dan ada petugas kita yang akan catat, nanti malam baru mereka bayar harga bahan jualan yang mereka ambil, jadi boleh dikata mereka hanya siap memasak saja lalu mereka jual tanpa harus ada modal awal”, Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here