KPUD Muna, Tutup Pendaftaran Bacakada Dua Paslon Siap Bertarung.

0
38

 

Ketua KPUD Muna dan Anggota Komisioner saat Konferensi Pers dikantor KPUD Muna, Senin 7 September 2020

Raha, munanews.com – Komisi Pemilihan Daerah ( KPUD ) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menutup pendaftaran bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Muna, Minggu (6/9/2020).

LM Rusman Emba-Bahrun Vs LM Rajiun Tumada-LaPili dipastikan bakal bertarung untuk jadi orang nomor satu di Bumi Sowite.

Ketua KPUD Muna Kubais mengatakan pendaftaran sesuai dengan PKPU Nomor 1 tahun 2020 yang merupakan perubahan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/Walikota dan Wakil Walikota.

“Dua bakal calon sudah selesai mendaftar. Berkas keduanya dinyatakan lengkap,” terang Kubais, Senin (7/9/2020).

Namun dalam pasal 39 angka 7 mengurai tentang bakal Pasangan Calon tidak dapat melakukan pendaftaran, kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan oleh halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Selain itu, dalam Keputusan KPU RI Nomor 394 tentang Pedoman teknis pendaftaran, penelitian dan perbaikan dokumen Persyaratan, penetapan, serta pengundian nomor urut pasangan calon.

“Tidak menerima pendaftaran apabila Pimpinan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik atau salah satu bakal calon atau Bakal Pasangan Calon tidak hadir pada saat pendaftaran, kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan oleh halangan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang,” katanya.(LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here