Gugus Tugas Muna: Instruksikan Telusuri Kontak Erat yang Positif Covid-19.

0
34

 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19  Kab. Muna instruksikan untuk segera menelusuri kontak erat positif covid-19.

Raha, Munanews.com РPenyebaran virus Corona masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat Muna, bagaimana tidak, kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 terus bertambah.

Yang paling menjadi kekwatiran saat ini munculnya klaster baru yakni adanya terkonfirmasi positif covid-19 salah satu bacakada pada saat pendaftaran 4 September 2020 yang lalu.

Bupati Muna, LM Rusman Emba, ST selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 kabupaten muna, mengambil langkah cepat dan tegas untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dengan mengintruksikan kepada kepala dinas kesehatan dan puskesmas agar melakukan penelusuran terhadap kontak erat.

“Sudah saya instruksikan agar melakukan penelusuran terhadap kontak eratnya untuk dilakukan Rapid tes, agar penyebaran virus Corona dapat kita cegah” Kamis (10/9/2020).

Selain itu Rusman Emba menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak.

“Kita harap masyarakat yang merasa pernah kontak erat dengan yang terpapar covid-19 agar memeriksakan diri pada puskesmas, sebab keselamatan keluarga dan kerabat dari virus Corona menjadi tanggung jawab bersama” tuturnya.

Sebelumnya Bupati Muna telah mengeluarkan instruksi Nomor 188.55/1387 yang memerintahkan camat, lurah dan kepala desa dengan melibatkan unsur TNI/Polri dan petugas kesehatan agar senantiasa memberikan edukasi pada masyarakat. Dan melakukan pemantauan pada pergerakan orang luar yang masuk dengan tetap mempertimbangkan tingkat urgensinya. Juga melakukan penertiban terhadap kegiatan yang melibatkan banyak orang dan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Dengan adanya instruksi dari bupati muna kepala dinas kesehatan La Ode Rimba Sua langsung mengambil langkah untuk menindak lanjutinya.

Kadinkes Muna, La Ode Rimba Sua mengaku telah mengumpulkan tenaga surveilans di seluruh kecamatan untuk melakukan tracing terhadap warga.

“Setalah keluar instruksi Bupati Muna saya langsung mengumpulkan tenaga surveilans diseluruh kecamatan untuk melakukan tracing terhadap warga dan saat ini Sementara berjalan penelusuran, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19”, ucapnya. (LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here