Kandungan Protein Kelor Muna Tertinggi di Indonesia

0
908

Ansar, Produksi teh daun kelor, tepung dan pewarna

Raha, Munanews.com – Untuk sebagian masyarakat Indonesia, daun kelor dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang bisa mengusir mahluk halus. namun ditangan Ansar, tumbuhan dengan istilah dunia tidak selebar daun kelor menjadikan pundi pundi rupiah.

Daun kelor dijadikan sayur umumnya. Kini berdasarkan hasil laboratorium Saraswanti Indo Genetech Bogor, kelor asal Muna tersebut memiliki kandungan protein kadar tertinggi 30,02  dibanding daerah lain 28 persen di Indonesia.
Selain itu menunjukkan 8 dari  9 asam amino esensial yang berfungsi sebagai nutrisi tubuh yang disuplai dari luar tubuh juga meningkatkan imun tubuh.

“Saya melakukan penelitian daun kelor sejak tahun 2017, hasilnya kelor asal Muna unggul,” cetusnya, Rabu (19/8/2020) di Rumah Adat Barugano kota Raha.

Ansar, usai melakukan penelitian mulai manfaat peluang usaha kelor, rupanya sejak Maret 2020  disport oleh Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Muna.

“Pemda Muna memberikan fasilitasi agar mudah produksi teh daun kelor dan tepung,” paparnya,
Kementrian Desa RI asesmen pengembangan kelor di Muna.

Untuk meningkatkan ekonomi, Ansar telah memproduksi teh kelor dalam sehari 15-20 dos dengan harga perdos Rp.15.000. Untuk tepung kelor 50 gram seharga Rp. 20.000 dan 100 gram  tepung Rp.40.000.

“Alhamdulillah banyak pesanan masuk baik lokal maupun luar daerah,” tutupnya. (LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here