Investor Siap Jadikan Jagung Muna Berkualitas Ekspor

0
368

Teken MoU, Bupati Muna, LM. Rusman Emba, ST bersama Direktur PT. DNA, di Galampano Kantolalo, Selasa (10/3/2020).

Raha, Munanews.com – Sebagai daerah yang memiliki wilayah pertanian yang cukup luas, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini dilirik oleh salah satu investor jagung kenamaan tanah air, Dean Novel.

Pemilik PT. Datu Nusa Agribisnis ini bakal menjadikan jagung Muna memiliki kualitas ekspor yang mampu memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Kata Dean, saat ini pasar dunia sangat membutuhkan jagung dengan kadar rendah untuk kebutuhan pakan sapi yang mampu menghasilkan susu segar.

“Muna kita akan jadikan penghasil jagung dengan kadar aflatoksin yang rendah agar kebutuhan pasar ekspor terpenuhi,” terang Dean, Selasa (10/3/2020).

Bupati Muna, LM Rusman Emba berharap agar tanaman holtikultura ini tidak hanya bernilai konsumtif bagi masyarakat, tapi juga dapat memberi pengaruh besar terhadap perekonomian petani di wilayah yang sudah ia pimpin beberapa tahun ini.

“Kita harap jagung Muna mampu merambah pasar ekspor agar kesejahteraan petani bisa lebih meningkat,” jelasnya.

Makanya Pemda Muna saat ini terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, salah satunya mendatangkan investor.

“Jika pengelolaan jagung rendah aflatoksin ini dikelola baik, saya memiliki keyakinan besar kedepan petani Muna bisa mencapai kesuksesan,” harapnya.

Untuk menunjang pengembangan komoditi ini, pemerintah setempat berjanji akan membantu para petani dalam mengelola hasil pertaniannya.

“Kita tidak hanya menggandeng investor, kita juga gandeng pimpinan Bank untuk ikut berperan dalam memberikan dana pinjaman kepada petani,” ujarnya.

Namun dirinya juga berharap petani proaktif dalam melakukan pengembangan pengetahuan sehingga menjadi petani yang berhasil.

Reporter: Anca
Editor: Fatih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here