Diknas Bakal Sanksi Guru Malas di Towea

0
1274

Asarumda Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna

Raha, Munanews.com – Masyarakat desa Moasi Kecamatan Towea, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) kecewa dengan kinerja sejumlah oknum guru disalah satu SD negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) setempat.

Sejumlah oknum guru tersebut dinilai tak menjalankan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Keluhan itu, disampaikan saat reses anggota DPRD Muna saat pekan lalu.

“Kami banyak menerima laporan kalau sejumlah guru di Desa Moasi tidak proaktif, banyak berada diluar desa,” terang anggota Komisi I DPRD Muna, Iksanuddin Makmun, Kamis (27/2/2020).

Makanya kata Iksanudin, pihaknya bakal meneruskan temuan tersebut ke dinas terkait. “Saya akan laporkan ini ke Bupati dan dinas terkait agar ditindaklanjuti,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Muna, Asarumada mengatakan pihaknya bakal memberi sanksi, jika terbukti soal kasus guru ASN malas mengajar tersebut.

“Ancaman itu tidak hanya berlaku bagi tenaga pengajar yang sudah disertifikasi, tapi seluruh guru yang ada, sengaja bermalas-malas akan diberikan sanksi,” tegas Asarumada.

Sanksi tegasnya, kata Asarumada pihaknya akan mencabut sertifikasi guru atau bahkan di mutasi.

Untuk menindaklanjuti temuan tersebut, pihaknya kini telah berkoordinasi dengan kepala sekolah terkait, soal guru yang tidak proaktif itu.

“Ketika surat dari sekolah yang bersangkutan sudah dimasukan secara resmi maka kami akan tindak lanjuti,” bebernya.(Yuli/Fatih).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here