Dampak Virus Corona, Kelulusan SD dan SMP Tanpa UN

0
184

Kadis Dikbud Muna, Ashar Dulu.

Raha, Munanews.com – Akibat pandemi covid 19 atau virus corona membuat dunia pendidikan tidak lagi menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) baik pelajar SMP maupun SD Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Muna.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna, Ashar Dulu saat ditemui diruang kerjanya, Senin 4 Mei 2020 menyampaikan bahwa tahun ini tidak lagi melaksanakan Ujian Nasional baik SMP maupun SD.

“Dampak dari penyebaran virus corona mempengaruhi proses belajar para siswa baik tingkat SD maupun SMP, hal ini berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan belajar dirumah dan ujian,” katanya.

Lanjutnya, Dalam peraturan Kemendikbud bahwa
proses belajar dilakukan dengan sistim daring dibawah pengawasan guru kelas dan penamatan siswa tanpa adanya ujian sekolah atau ujian nasional.

Sementara itu, Ashar menyebutkan bahwa jadwal pengumuman kelulusan SMP tanggal 5 Juni 2020 dan SD 15 Juni 2020.

“Pengumuman akan disampaikan secara online, dan nilai kelulusan akan diambil dari akumulasi Rata-rata nilai 5 semester yakni nilai semester kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 gasal, ditambah nilai tugas untuk tingkat Sekolah Dasar dan untuk Sekolah Menengah pertama diambil dari nilai rata-rata semester 7, 8, dan semester 9 serta ditambah dengan nilai tugas-tugas yang diberikan oleh skolah,” ucapnya.

Editor: IS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here