Cegah Covid-19, BEM Fekon UHO Minta Keseriusan Pemda Mubar

0
356

Muhammad Gustam Ketua Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Haluoleo (Fekon UHO). Foto: Adan Ako.

Kendari, Munanews.com – Ketua Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Haluoleo (Fekon UHO), Muhammad Gustam, minta Pemda Muna Barat (Mubar) agar serius dalam penanganan Corona Virus Covid-19 (C-19).

“Keseriusan Pemda Mubar dalam menangani C-19 terkesan tidak serius menangani dampak pada aspek sosial-ekonomi. Hal ini, belum adanya langkah koordinasi Pemda dengan Desa di wilayahnya,” ujarnya Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, tentu berkoordinasi dengan Pemda Provinsi serta Pemerintah Pusat demi menghindari Covid-19 terjadi tumpang tindih data dan duplikasi program.

Ia menegaskan, Bupati Mubar segera mengintruksikan OPD melakukan pendataan terhadap masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan, termasuk usulan tambahan Program Keluarga Harapan (PKH) demi mengatasi dampak sosial-ekonomi.

“Pemerintah pusat dan Provinsi telah menganggarkan Jaring Pengaman Sosial dengan nilai masing-masing sebesar Rp110 triliun dan Rp 65 miliar. Distribusi ini melengkapi keterbatasan anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota termasuk Mubar dalam menangani dampak sosial-ekonomi masyarakat,” Cetusnya.

Selain memaksimalkan Anggaran Jaring Pengaman Sosial, Ia juga meminta, Pemda khususnya Mubar segera berkoordinasi dengan Baznas, agar Dana amal dan zakat dapat diminta untuk disalurkan pada warga terdampak virus mematikan tersebut.

“Untuk antisipasi kontijensi wabah Covid-19, karena belum ada pihak yang mampu memprediksi seberapa lama bencana wabah ini,” Tutupnya.

Reporter: Adan Ako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here