Bupati Muna Hadiri Sosialisasi Perbup Pemilihan Kepala Desa.

0
102

Munanews.com, Raha | Tim Desk Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Muna menggelar sosialisasi Peraturan Bupati Muna Nomor 48 Tahun 2022 Tentang Pemilihan Kepala Desa Serentak.

Sosialisasi kali ini tergabung 3 (Tiga) Kecamatan yakni kecamatan Parigi, Kecamatan Bone dan Kecamatan Marobo, yang di gelar di Balai pertemuan Kecamatan Parigi, Senin 18 Juli 2022.

Hadir pada kegiatan ini Bupati Muna Ir. LM Rusman Emba, ST.,MM, Kadis PMD Rustam, Kadis Pertanian, Anggota Muspika Parigi dan tamu undangan.

Ketua Desk Pilkades Serentak Rustam dalam sambutanya menyampaikan bahwa tim Desk Pilkades bekerja berdasarkan Surat Keputusan Bupati Muna, sehingga nantinya dalam tugasnya nanti tetap mengacu dan berpedoman dalam aturan yang berlaku.

“Pelaksanaan sosialisasi Perbup Pilkades hari ini merupakan yang pertama kali, kami sudah menyiapkan soft copy untuk dibagikan kepada peserta, dan perlu kami sampaikan bahwa penundaan Pilkades bukan karna keinginan pemerintahan daerah tapi karna adanya pandemik covid-19 sehingga tahapan Pilkades tahun lalu dihentikan”

Selain itu Rustam menambahkan bahwa Panitia Pemilihan Kepala Desa dibentuk oleh BPD yang terdiri dari 7 orang yang diambil dari 3 unsur perwakilan.

” BPD Mengangkat Panitia Pemilihan Kepala Desa sebanyak 7 orang yang berasal dari Perwakilan Wilayah, Perwakilan Kelembagaan Desa dan Perwakilan Tokoh Masyarakat, setelah terbentuk PPK yang dilakukan lebih awal adalah ferivikasi Data Pemilihan Sementara Pilkades yang dimana datanya diambil dari DPT Pilkada terbarukan, dalam Pilkades tidak ada yang namanya pemilihan ulang sehingga DPT nya berdasarkan dusun dan kalau dalam pemilihan terdapat pereolehan suara sama maka yang akan dilakukan adalah melihat siapa pemenang di wilayah yang DPT nya banyak, kalau setelah itu masih saja sama perolehan suara maka akan dilihat dari siapa yang mendapat suara terbanyak dari jumlah partisipasi pemilihan paling tertinggi dan kalau juga perolehan suaranya masih sama maka akan dilakukan seleksi oleh desk pilkades Kabupaten”.

Sementara itu Bupati Muna Ir. LM. Rusman Emba, ST.,MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades nantinya dapat melahirkan pemimpin yang dapat mengayomi semua kelompok yang ada ditengah-tengah masyarakat, dan yang paling utama terciptanya kondusifitas Kantibmas.

“Kita berharap pelaksanaan Pilkades digelar sesegera mungkin namun karena adanya pandemik covid-19 sehingga tertunda dan baru tahun ini terlaksana, sehingga kita berharap dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat melahirkan pemimpin atau kepala desa yang dapat mengayomi semua golongan atau kelompok yang ada dimasyarakat serta terjadinya situasi Kamtibmas yang kondusif, dan yang paling penting saya informasikan kepada masyarakat terkait jalan yang ada di kecamatan Parigi insya Allah tahun ini diselesaikan atau dikerjakan”, tutup mantan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut. LN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here