BNNK Muna: Kami Membuka Pelayanan Rujukan Rehabilitasi Gratis

0
26

Raha-munanews.com. Sejumlah pencapaian Badan Narkotika Nasional Kabupaten Muna(BNNK-Muna) disampaikan pada saat pers rilis yang diadakan di Gedung rapat Kerja, Rabu 29 Desember 2021.

Kepala BNNK Muna, La Hasary menyampaikam, untuk pencapaian tahun 2021 diantaranya, Pembentukan Desa bersinar, Kelurahan bersinar di Raha III dan Fookuni berdasarkan SK Bupati nomor 66 tahun 2021 serta kita memiliki ketahanan remaja yang baik.

“Ditahun ini kita ada beberapa capaian diantaranya adanya pembentukan Desa Bersinar dan Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba), selain itu berdasarkan hasil penelitian kita memiliki ketahanan diri yang baik bagi remaja, serta memberikan peran serta kepada pemerintah, swasta dan masyarakat untuk membantuk penggiat anti Narkoba.

Selain itu La Hasary menambahkan bahwa untuk Program rehabilitasi, yakni
Penanganan pasien rawat jalan 2021 dengan target 35 orang dan pencapaian sampai hari Ini 43 orang atau 122,85 persen, yang terbagi atas wilayah Kabupaten Muna 40, orang, Muna Barat 1 orang, Buton Utara 2 orang dengan klasifikasi jenis kelamin, pria 38 orang dan Wanita 5 orang.

“Untuk jenis pekerjaan yang direhabilitasi yaitu PNS 2 orang, wiraswasta 18 orang, pelajar/ mahasiswa 12 orang, tenaga kontrak 1 orang, rumah tangga 2 orang, dan yang tidak bekerja 8 orang, lalu untuk pelayanan SKHPN BNNK muna dengan target 289 dan capaian 229 atau 100 persen sampai hari ini”.

Lanjut La Hasary menyampaikan, BNNK muna juga melakukan pelayanan rujukan rehabilitasi yang dilakukan secara gratis, dan sudah ada 1 orang yang dirujuk di Makassar untuk menjalani rawat inap, dan selain itu juga untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan pemberantasan narkoba di kabupaten Muna dan Muna Barat dan Buton Utara tahun 2021 BNNK Muna gencar melakukan sosialisasi agar daerah dapat bersih dari hal yang tidak bermanfaat bagi kesehatan  dengan melalui penganggaran yang ada dalam DIPA atau Non DIPA.

“Dalam rangka implementasi Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan narkotika, kita sudah membangun kerjasama dengan pemerintah daerah, untuk Muna Barat 23 OPD, Kab. Muna 15 OPD , 1 instansi vertikal, Kab. Buton Utara 1 OPD, serta Pelaksanan sosialisasi sebanyak 41 kali terdiri dari pemerintah 32 instansi, 5 sekolah, 4 masyarakat,” terangnya. (Yhenk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here