Basarnas Gelar Pelatihan Potensi SAR di Muna

0
262

Bupati Muna, LM Rusman Emba, ST, Direktur Bina Tenaga Basarnas RI, Marsekal Arif Widiyanto, S.A.B., M.Tr (Han) dan Forkompinda. 

Raha, Munanews.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari menggelar pelatihan potensi SAR, Water Rescue (Pertolongan di Permukaan Air) di Kabupaten Muna.

Pelatihan tersebut ditandai pembukaan secara resmi oleh Bupati Muna LM Rusman Emba di Aula Galampano Kantolalo Senin, (21/06/2021).

“Pelatihan kegiatan tersebut sangat penting dalam membangun sinergitas. Terutama keterampilan sumber daya manusia (SDM) dalam penanganan pencarian dan pertolongan,” ujar.

Rusman Emba menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Direktur Basarnas RI beserta rombongan atas penempatan kegiatan Water Rescue di Muna.

Setelah itu, Pemda Muna teken MOU bersama Basarnas Kota Kendari serta menyiapkan lokasi kantor Basarnas.

“Alhamdulillah adanya kerjasama memberikan dampak positif, diantaranya dapat memanfaatkan potensi tenaga lokal yang bisa direkrut oleh basarnas sebagai pegawai Basarnas Kabupaten Muna,” Imbuhnya.

Sementara itu Direktur Bina Tenaga Basarnas RI, Marsekal Arif Widiyanto, S.A.B., M.Tr (Han), mengucapakan terimakasih terhadap Pemda Muna atas sambutan yang telah diberikan dengan ramah.

“Semoga menjadi langkah awal dalam membangun sinergitas yang baik, sebab Basarnas tidak bisa melakukan tugas dengan baik, tanpa adanya dukungan Pemda Muna, TNI dan Polri,” akunnya.

Kata dia, dengan adanya pelatihan yang digelar kali ini dapat meningkatkan SDM Anggota SAR di daerah.

“Kita berusaha membangun komunikasi dan melakukan pelatihan di daerah untuk meningkatkan SDM dalam penanganan SAR, sehingga dapat melakukan tugas penyelamatan dan pertolongan dengan kepada masyarakat dengan baik”, tutup jenderal TNI bintang satu. (LN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here